Apa Itu On Page SEO Dan Off Page SEO Serta Cara Mengoptimalkannya

Apa Itu On Page SEO Dan Off Page SEO Serta Cara Mengoptimalkannya – Jika anda belajar tentang SEO (Search Engine Optimization), maka kata kata on page seo dan off page seo akan sering anda temukan pada artikel yang anda baca.

Karena memang mengoptimasikan konten dan tampilan situs anda yang anda miliki saja tak akan cukup untuk mendongkrak popularitas situs yang anda miliki. Maka dari itu untuk memaksimalkan kesempatan link yang anda kelola agar mendapatkan peringkat yang baik pada mesin pencarian baik itu google, yahoo ataupun bing, kalian harus mengerti tentang off page SEO juga.

Apa Itu On Page SEO Dan Off Page SEO Serta Cara Mengoptimalkannya

Ya bisa dibilang bahwa on page seo adalah upaya optimasi SEO yang anda dilakukan melalui konten yang diterbitkan. Langkah optimasi on page SEO ini fokus kepada faktor-faktor yang ada di dalam konten. Secara sederhananya  on-page SEO ini dapat diartikan sebagai langkah optimasi meningkatkan kualitas konten agar lebih mudah dibaca dan dipahami pembaca situs ataupun blog yang anda kelola.

Tidak hanya itu, on page SEO yang telah dioptimasi dengan baik juga akan memudahkan bot mesin pencari untuk memahami konteks konten dan relevansi website Anda pada saat mereka melakukan crawl dengan kata kunci yang dicari.

Apa Itu On Page SEO Dan Off Page SEO Serta Cara Mengoptimalkannya

Untuk mengoptimalkan situs anda ini kalian bisa langsung membenahi beberapa poin yang cukup penting namun sering kali di abaikan oleh para pemula dalam dunia SEO ini. Bila anda adalah pengguna wordpress maka hal pertama yang anda bisa lakukan adalah dengan milih tema wordpress yang responsif dan pastikan juga bahwa tema tersebut telah mobile friendly.

Sebab seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini 73% masyarakat Indonesia mengakses internet mereka dengan menggunakan smartphone. Oleh karenanya dengan menggunakan tema yang mobile friendly akan membuat semua konten pada situs anda bisa berjalan dengan baik dan responsif.

Kalian juga bisa memaksimalkan internal link atau sering juga disebut dengan inbound link. Internal link adalah sebuah link yang akan mengarah ke konten lain pada situs yang sama. Jenis tautan yang satu ini akan sangat penting untuk mempermudah para pembaca untuk berpindah dari satu konten ke konten lainnya, sehingga mereka akan dengan nyaman berlama lama mengunjungi situs tersebut.

Apalagi internal link juga akan membantu mesin pencari untuk memahami konteks serta hubungan antar halaman pada situs. Dan google mengutamakan website yang kontennya saling berhubungan, oleh karena itu langkah ini akan penting sekali untuk anda lakukan.

Lalu bagaimana dengan off page seo? Dalam dunia digital marketing, istilah optimisasi off-page akan mengacu pada faktor faktor yang tidak berhubungan langsung dengan halaman situs anda. Oleh karena itu jika on-page adalah hal yang anda lakukan pada situs yang anda miliki misalkan seperti internal links, konten, dan keywords, maka off-page ini hanya berhubungan dengan link building atau back linking.

Apa Itu On Page SEO Dan Off Page SEO Serta Cara Mengoptimalkannya

Bahkan bisa dibilang bahwa optimisasi off page yang anda lakukan adalah mempromosikan link  situs anda pada tempat lain, agar orang yang mengunjungi link tersebut bisa dengan mudah menemukan situs yang anda jadikan target si back link yang anda buat ini.

Lalu dimana saja sih kita bisa menanamkan back link ini? Sebenarnya sih ada banyak sekali untuk mendapatkan optimisasi dengan cara off page ini, sebab kalian bisa melakukan branding di media online, memberikan review, hingga menggunakan media sosial untuk menyebarkan link yang ingin kalian berikan back link.

Dan itulah penjelasan singkat mengenai on-page dan off page seo, semoga dengan sedikit informasi yang kalian baca pada artikel kali ini akan menambah wawasan anda. Selamat mencoba dan salam sukses.

Leave a Reply